Pengertian Top Level Domain


Pengertian Top Level Domain Top Level Domain, Pernahkah Anda Mendengarnya? Jika sudah pernah membeli atau mendaftarkan sebuah nama domain, tentu kita seringkali mendengar suatu domain dikatakan adalah Top Level Domain. TLD atau Top Level Domain Name adalah ektension atau kata yang berada di paling kanan domain. Misalkan nama sebuah situs adalah “www.namaweb.com” maka TLDnya adalah “.com” (dot commercial) dan second-level domainnya adalah “namaweb” sedangkan third-levelnya adalah “www” dan seterusnya. Contoh top level domain lainnya adalah .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military). Ada 2 jenis TLD yang sering digunakan yaitu Generic TLD dan country code TLD. Country Code TLD atau CcTLD telah digunakan untuk lebih dari 250 negara. Mereka didelegasikan kepada pihak yang ditunjuk, untuk mengoperasikan ccTLDs sesuai dengan kebijakan lokal yang diadaptasi untuk memenuhi keadaan ekonomi, budaya, bahasa, dan hukum dari negara atau wilayah tempat domain digunakan. Contoh CcTLD adalah .co.id, web.id (Indonesia), co.uk (Inggris), co.jp (Jepang) dan lain sebagainya. 

Top Level Domains Generic Top Level Domain Mengenai pengertian generic TLD, mari kita simak sekilas mengenai sejarah dibuatnya generic TLD. Pada tahun 1980, tujuh gTLD (.com, .edu, .gov, .int , .mil, .org, .net) diciptakan. Nama domain yang didaftarkan pada tiga domain ini (.com, .net, dan .org) adalah tanpa pembatasan, sedangkan empat lainnya memiliki kategori website yang terbatas. Misalnya .edu digunakan untuk situs-situs edukasi, .gov hanya untuk situs milik pemerintah. Beberapa sumber yang pernah saya baca menyebutkan TLD hanyalah .com, .net dan .org yang memang dapat dipergunakan secara bebas, jadi sebenarnya TLD tidak hanya milik .com, .net dan .org melainkan semua ekstension yang berada paling kanan seperti disebutkan diatas.

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Top Level Domain yang ditulis oleh TLD Names yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TLD Names

0 comments:

Post a Comment

Back to top